Sabtu, 04 Februari 2012

Wafat Rasulullah Memberi Nikmat Kepada Ummatnya


intisari pengajian Habib Sholeh Ibn Achmad Ibn Salim Alaydrus
kitab panduan Risalatul Qusairiyah

Saat Nabi Muhammad diminta untuk memilih hidup lebih lama atau segera kembali kepada Allah, Nabi memilih untuk kembali kepada Allah. Oleh sebab itu Nabi Muhammad berumur paling pendek dibanding nabi-nabi yang lain. Inilah rahmat bagi ummat Nabi, karena dengan wafatnya beliau, Nabi akan lebih dekat dengan ummatnya. Setelah terpisah dengan jasadnya, Nabi tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Bahkan ada riwayat yang menyatakan bahwa setiap majlis-majlis yang disana disebutkan dan diagungkan nama Nabi, Rasulullah akan hadir; hanya karena bodoh dan lumuran dosa kita menyebabkan kita tak pernah merasakan kehadirannya. Andai Rasulullah masih hidup, tentu beliau dibatasi ruang dan waktu, beliau hanya ada bagi sahabat-sahabatnya.
Rasulullah bersabda ;
حَيَاتِي خَيْرٌ لَكُمْ وَمَمَاتِي خَيْرٌ لَكُمْ تُعْرَضُ عَلَيَّ أَعْمَالُكُمْ فَمَا كَانَ مِنْ حَسَنٍ حَمِدْت اللَّهَ عَلَيْهِ وَمَا كَانَ مِنْ سَيِّئٍ اسْتَغْفَرْت اللَّهَ لَكُمْ
Hidupku, baik bagimu, dan kematianku baik bagi bagimu, diperlihatkan kepadaku amal-amalmu, apabila amal itu baik saya memuji Allah atas hal itu, dan apabila amal yang dinampakkan itu jelek saya memohonkan ampun kepada Allah untuk kalian.
Saat Rasulullah sudah wafat, ini menjadi moment bagi Rasulullah mendekatkan diri kepada ummatnya sampai hari kiamat. Karena segala nikmat yang diberikan Rasulullah kepada ummatnya ini kita dianjurkan memperbanyak bacaan
اللهُمَّ حَبِّب النَّبِيَّ محمد صلَّي الله عليه وسلم اِلَيْنَا
agar Rasulullah menempatkan nama kita dalam hatinya, dengan begitu Rasulullah akan mengingat kita. Shallu ala an Nabi Muhammad!

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites